Tips Memilih dan Menata Furniture Pada Ruang Minimalis Kecil

Bagi Anda yang memiliki hunian berukuran kecil, satu tantangan yang harus dihadapi yaitu bagaimana Anda pandai-pandai memilih dan menata furniture ruangan sehingga nampak serasi dengan bangunan. Selain itu penataan dan furniture yang digunakan pun harus tetap memberikan kesan luas pada bangunan sempit tersebut.

Namun jangan khawatir, karena sebenarnya bukan hal sulit untuk menata furniture pada bangunan sempit agar terasa lebih luas. Berikut ini beberapa tips memilih dan menata furniture pada hunian minimalis kecil.

1. Sesuaikan Konsep Furniture Dengan Konsep Ruangan

Agar terlihat serasi antara konsep ruangan dengan furniture yang terdapat di dalamnya, Anda harus mempertimbangkan konsep atau model furniture tersebut. Pastikan jika satu kesatuan memiliki konsep yang sama, semisal dari warna.

Anda bisa memilih furnite yang memiliki warna senada dengan warna cat dinding atau warna netral untuk lebih amannya. Kemudian pada model sendiri bisa disesuaikan dengan konsep seluruh bagian ruangan. Disini Anda bisa memilih konsep seunik mungkin sehingga ruangan tak hanya nyaman namun juga nampak lebih indah dan unik.

2. Pilih Furniture Multifungsi

Untuk menghemat ruang, pemilihan furniture multifungsi sangat disarankan. Anda dapat memanfaatkan setiap sisi ruangan seperti kolong-kolong hingga bagian pojo ruangan sekalipun. Beberapa contoh furniture multifungsi yang sudah banyak digunakan pada hunian minimalis kecil adalah ranjang dengan kolong lemari, tangga dengan lemari hingga meja atau bar dengan lemari bawah.

Untuk tempat hiasan dinding sendiri Anda bisa menggunakan rak terbuka yang lebih menonjolkan kesan modern namun simple. Pilih bentuk-bentuk unik agar ruangan tidak terkesan monoton.

3. Padukan Pernak-Pernik Lucu Dengan Furniture Simple

Meskipun Anda menggunakan konsep minimalis pada bangunan ini, namun bukan berarti Anda sama sekali tak bisa memasangkan pernak-pernik lucu sebagai hiasan ruangan. Namun yang perlu Anda perhatikan disini adalah bagaimana model dan ukurna pernak-pernik tersebut.

Usahakan jika Anda memilih pernak-pernik yang tak terlalu besar dan memiliki detail yang tidak terlalu ramai, seingga tidak membuat ruangan terkesan begitu penuh. Anda juga bisa memilih penak-pernik dengan warna yang lebih soft dari warna cat dinding dan furniture.

4. Pilih Furniture Dengan Ukuran Kecil

Satu lagi tips penting yang perlu Anda pertimbangkan untuk membuat hunian minimalis kecil Anda tidak terkesan penuh, yaitu dengan memilih furniture berukuran kecil. Dengan memadukan furniture berukuran kecil atau sedang dengan furniture multifungsi, ruangan tidak akan lagi terasa sempit.

Biasanya ukuran furniture ini juga akan berpengaruh pada model furniture yang lebih simple dan minimalis. Hindari penggunaan furniture yang terlalu besar dan menjadi titik penuh pada ruangan. Semisal dengan memilih ranjang yang terlal besar dan dengan model sandaran yang terlalu ramai, karena pada dasarnya rumah minimalis lebih cocok dengan furniture model simple.

5. Warna dan Motif Furniture

Nah yang terakhir, warna dan motif furniture juga perlu Anda perhatikan dengan baik. Jika warna nantinya bisa disesuaikan dengan warna cat dinding atau yang lebih amannya memilih warna cat netral, lalu bagaimana dengan motifnya?

Pada ruangan sempit, motif dengan ukuran kecil jauh lebih diprioritaskan. Jika pun tidak, Anda bisa memilih furniture yang memiliki motif garis baik vertical, horizontal, zigzag dan lain sebagainya. Motif abstrak yang tidak terlalu mendominasi juga bisa jadi pilihan yang chic.

Mudah bukan cara memilih furniture untuk rumah minimalis kecil? Untuk penataannya sendiri Anda bisa memposisikan seluruh furniture pada satu sisi. Hindari penataan furniture dan pernak-pernik lain secara bertumpuk agar tidak memberikan kesan penuh.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of