Interior Apartemen Kecil Maksimal Namun Tetap Minimalis

Apartemen kecil dengan tipe 1 kamar tidur sulit untuk didesain sebagai tempat tinggal karena tidak berbeda dengan kamar tidur dengan ukuran lebih luas. Fungsi unit ini tidak hanya untuk tempat tidur saja. Fungsi unit ini lebih kompleks karena bisa digunakan untuk memasak, tidur, bersantai, dan melakukan aktifitas sehari. Penataan dan penggunaan komponen-komponen perabot sebaiknya diperhatikan agar tidak terlalu banyak komponen-komponen besar yang bisa manghabiskan ruang unit apartemen Anda. Pemilihan komponen-komponen pelengkap untuk unit apartemen kecil seperti tipe studio memperhatikan skala prioritas. Beberapa tips untuk menata apartemen kecil bisa Anda telusuri di bawah ini.

Tempat Tidur

Tempat tidur menjadi hal utama dan terutama bagi Anda yang ingin mengisi apartemen kecil tipe studio. Tempat tidur ukuran terbesar, 2×2 m2 masih bisa digunakan asal menggunakan cara yang tepat. Dengan mendesain tempat tidur yang bisa dilipat atau disembunyikan secara vertical akan lebih tepat. Pada saat istirahat, Anda bisa menggunakan tempat tidur untuk beristirahat. Begitu juga saat menonton film di televise Anda. Akan tetapi, saat Anda melakukan kegiatan memasak, makan, dan membereskan unit tempat tinggal Anda, lebih baik jika Anda melipat tempat tidur Anda untuk mendapatkan ruang gerak lebih besar, serta bisa membersihkan debu dan kotoran lain di lantai di bawah tempat tidur Anda.

Wallpaper Dinding

Penggunaan wallpaper dinding bisa menambah penampilan unit apartemen kecil Anda. Pemilihan tema wallpaper sangat bisa disesuaikan dengan keinginan Anda sebagai penghuni. Beberapa perangkat atau perabot yang bisa ditempel ke dinding mungkin bisa dilakukan untuk memberikan kelegaan ruang. Salah satunya adalah pemilihan tipe televisi layar datar dan sound system home theater. Televisi layar datar dapat dipasang permanen pada dinding. Dengan begitu, tidak perlu adanya meja televisi atau rak televise untuk meletakkan televise tersebut. Unit apartemen tipe studio sangat cocok jika diberikan sound system tipe home theater yang mampu menambah kualitas suara dari televise Anda. Pemilihan sound bar yang bisa ditempel di dinding juga sebaiknya dilakukan agar menghemat ruang unit Anda.

Kitchen Set

Tidak ada unit apartemen yang tidak mempunyai kitchen set sebagai pengganti dapur. Kebutuhan untuk mencuci piring, menyimpan peralatan masak dan makan lebih baik memanfaatkan kitchen set. Keterbatasan ruang pada unit apartemen kecil ini membuat desain kitchen set lebih kecil daripada kitchen set pada umumnya. Prioritas desain kitchen set utama adalah adanya kompor dan tempat cuci. Kompor dengan 2 tungku menjadi opsi maksimal agar ruang yang tersisa dapat digunakan untuk memasang komponen lain seperti kitchen sink single hole. Penggunaan kompor gas membutuhkan ruang tambahan untuk menyimpan tabung gas yang biasanya tersembunyi di bagian bawah kitchen set. Untuk menghilang kebutuhan ruang tabung gas, penggunaan kompor listrik bisa menjadi opsi yang paling tepat.

baca juga: desain warna cat rumah

Meja dan kursi untuk unit apartemen kecil tipe studio ini terkadang tidak perlu ditambahkan karena akan mengurangi ruang gerak penghuni apartemen. Jika penggunaan meja dan masih diperlukan, maka meja dan kursi portable lebih baik untuk dipilih agar bisa dilipat dan disimpan dengan rapi pada sisi pinggir ruang. Terdapat opsi lain untuk pemasangan meja dan kursi, yaitu mendesain kitchen agar bisa cukup muat untuk meja dan kursi secara portable jika sewaktu-waktu digunakan. Beberapa vendor kitchen set telah terbiasa menawarkan calon pelanggannya desain kitchen set dengan meja dan kursi portable.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Ryan Aloisius Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Ryan Aloisius
Guest

Di rumah nggak