Dekorasi Ruang Tamu Apartemen Cantik Dan Menarik

Unit apartemen bisa berbeda-beda ukuran dan penataan ruangnya. Untuk tipe studio bisa dibilang meniadakan ruang tamu karena unit tersebut menjadi ruang pribadi dimana semua ruang menjadi satu, yaitu ruang tidur, ruang masak, ruang santai, dan ruang makan. Untuk unit yang mempunyai tempat tidur lebih dari 1, biasanya terdapat ruang keluarga atau ruang tamu. Pada apartemen, unit dengan tipe 3 ruang tidur mempunyai ruang tamu yang lebih luas dan terpisah dengan ruang dapur. Kita anggap bahwa ruang tamu adalah ruang keluarga yang didesain untuk menerima tamu dan sanak saudara. Untuk mempercantik ruang tamu Anda, alangkah baiknya jika ruang tamu didekor dengan memberikan tema tertentu untuk memberikan rasa nyaman bagi keluarga ataupun tamu yang datang berkunjung seperti pada Apartemen Green Pramuka City.

Latar Belakang Ruangan

Hal pertama dan utama agar ruang tamu terlihat berbeda dengan unit lainnya adalah dengan mengubah latar belakang ruang tamu dengan melapisi tembok unit apartemen yang semula polos 1 warna menjadi bergambar dan bertema. Tema ruang tamu yang sudah ditentukan akan mempermudah pemilihan gambar dan warna wallpaper dinding. Sebagai contoh, dengan mengambil tema ruang tamu “hutan”, maka wallpaper yang akan dipilih lebih mengarah ke gambar pepohonan dan warna hijau. Untuk hasil yang maksimal, lebih baik untuk menentukan dahulu tema ruang sebelum mendekor ruang tamu lebih banyak.

Dinding Ruangan

Dinding yang sudah dilapisi oleh wallpaper bisa dipercantik dengan memberikan hiasan atau benda tempel seperti lukisan atau foto keluarga. Lukisan tentang pemandangan bisa memberikan sugesti ke yang melihat lukisan tersebut bahwa mereka akan terasa berada di dalam lukisan tersebut. Dalam hal ini, lukisan yang dipasang di dinding ruang tamu sebaiknya mendukung tema ruang tamu yang sudah ditetapkan. Jika lukisan mempunyai tema yang berbeda dengan tema ruang tamu, maka ketidak sikronan ini akan menghasilkan rasa aneh pada orang-orang yang berada di ruang tamu tersebut. Bisa dipastikan bahwa para tamu akan bertanya-tanya pada teman atau diri sendiri, mengapa lukisan ini terlihat tidak sesuai dengan dinding wallpaper dan selebihnya akan menjadi suatu ketidak jelasan.

Perangkat Elektronik

Perangkat elektronik juga bisa dijadikan komponen dekorasi pada ruang tamu tersebut. Salah satu contohnya yaitu Televisi layar datar yang ditempel pada dinding ruang tamu. Ukuran televise layar datar sudah semakin bervariasi. Ukuran televise sebaiknya disesuaikan dengan dimensi ruang tamu Anda. Tidak selalu harus memasang televise dengan ukuran terbesar seperti 60 inch untuk ukuran ruang yang tidak lebih dari 4×6 meter persegi. Tambahan perangkat elektronik seperti sound system home theater yang memiliki banyak speaker tweeter kecil bisa dipasang di dinding-dinding ruang tamu. Pengaturan suara untuk masing-masing tweeter sebaiknya dilakukan agar suara yang dihasilkan tetap sesuai dengan kemampuan speaker itu sendiri.

Komponen utama dari ruang tamu adalah furniture seperti sofa, meja, dan furniture lainnya. sekali lagi, tema ruang tamu menjadi dasar untuk penentuan tipe furniture yang dibeli. Sangatlah tidak cocok jika tema tentang hutan, atau yang berhubungan dengan pohon dan tanaman dipasang sofa yang bertemakan bermaterial besi dengan chrome mengkilap. Akan lebih cocok jika sofa yang dipasang menggunakan bahan kayu dengan menonjolkan warna kayu alami atau pernis transparan. Dekorasi memang tidak sesimpel yang diterangkan, Anda pasti bisa mendekor ruang lebih cantik dengan kreasi Anda sendiri. Selamat mendekor ruang tamu Anda.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of